PNJ

Program Studi Elektronika Industri

politeknik negeri jakarta


Program Studi Teknik Elektronika Industri


( terakreditasi B Sesuai dengan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi No. 013/BAN-PT/Ak-XII/Dpl-III/VI/2012 Berlaku sampai dengan 29 - 06 - 2017 )

Program Studi Teknik Elektronika Industri (PSTEI) merupakan program studi yang berada di Jurusan Teknik Elektro. Keberadaan Program Studi ini bertepatan dengan berdirinya Politeknik Negeri Jakarta pada tahun 1982. Sejak berdirinya sampai sekarang, kurikulum PSTEI telah mengalami beberapa kali penyesuaian berkaitan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kebutuhan teknisi bidang teknik instrumentasi dan kontrol di industri. Penyesuaian kurikulum terakhir dilakukan pada tahun 2007 dan digunakan sebagai dasar proses belajar mengajar sampai tahun 2012.

Tren AFTA dan globalisasi yang mengharuskan PSTEI melakukan berbagai percepatan usaha perbaikan lulusan, baik di bidang akademik,skillmaupun pembentukan karakter lulusan. Untuk membekali Ahli Madya di bidang Teknik Instrumentasi Dan Kontrol, kami tidak hanya memberikan penghargaan berupa ijazah, tetapi sejak tahun 2013, PSTEI melakukan MOU dengan National Instrument Academy School (NI – LabView) US dan merupakan institusi pertama di Asia Pasific yang melakukan kerja sama ini, untuk memberikan sertifikasi keahlian yang diakui secaraInternational. Sampai saat ini kami tetap melakukan berbagai terobosan, beberapa kerja sama dengan berbagai instansi dan industri baik dari Dalam Negeri maupun Luar Negeri untuk di tahun mendatang. Hal ini kami lakukan, semata-mata ingin memberikan pelayanan terbaik bagi Mahasiswa/i dan Orang Tua agar cepat terserap di dunia kerja.

Sejak tahun 2013, PSTEI memberlakukan kurikulum berbasis KKNI pada Tahun Akademik 2013. Sampai saat ini para lulusan Ahli Madya PSTEI terserap seluruhnya di industri dalam kurun waktu tidak lebih dari 3 bulan, sehingga termasuk Program Studi yang sangat diminati.

VISI
Menjadi Program Studi Teknik Elektronika Industri unggul berkelas dunia di Bidang Teknik Elektronika Industri Pada Tahun 2029.

MISI
  1. Menyelenggarakan pendidkan Diploma Bidang Teknik Elektronika Industri dengan kompetensi Teknik Kontrol Elektronika.
  2. Membentuk kompetensi keahlian sesuai peminatan dan karakter mahasiswa lulusan berkemampuan soft skills.
  3. Memotivasi mahasiswa untuk berpartisipasi dalam kompetisi Nasional dan Internasional sebagai upaya mendukung visi Institusi.
  4. Mengembangkan penelitian Bidang Teknik Elektronika.
  5. Menerapkan Teknologi hasil penelitian bagi kepentingan industri / masyarakat.

TUJUAN

  1. Menyelenggarakan pendidikan DII dengan kompetensi Bidang Teknik Kontrol Elektronika Industri.
  2. Memanfaatkan kesempatan berkompetisi di tingkat Nasional / Internasional bagi para Mahasiswa, Dosen dan Tenaga Kependidikan.
  3. Menghasilkan lulusan berkemampuan akademik sesuai Kompetensinya.
  4. Menghasilkan Karya Akademik dari Penelitian Bidang Teknik Kontrol Elektronika Industri.
  5. Mengimplementasikannya hasil penelitian dalam kegiatan pengabdian masyarakat.
  6. Meningkatkan Kualitas, kinerja Program Studi melalui perluasan kerja sama dengan Industri, masyarakat secara nasional / Internasional.
  7. Meningkatkan peran dan kredibilitas Program Study melalui pemberdayaan Alumni.
  8. Mewujudkan organisasi Program Studi yang sehat berdasarkan prinsip transparansi, akuntabilitas dan berkesinambungan.